Kamis, 10 November 2011

Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda adalah generasi baru yang  bertanggungjawab untuk meneruskan cita- cita dan tujuan generasi sebelumnya. Tanggung jawab ini memberikan beban yang sangat besar kepada para pemuda untuk menjalankannya. Karena semua itu bergantung kepada setiap individu pemuda itu sendiri.

Era globalisasi sekarang ini sudah merambah seluruh Negara didunia. Tak ada satu pun negara yang mampu membendung kerasnya arus globalisasi tersebut. Namun dampak yang dihasilkan oleh globalisasi tersebut ada yang positif dan negatif, tergantung bagaimana setiap negara membuat kebijakan dalam membendung arus globalisasi tersebut.

Disetiap negara pemuda adalah tulang punggung dalam pembangunan. Karena mereka penerus bangsa dalam meneruskan cita- cita bangsa tersebut. Maka kebijakan pemerintah merupakan filter untuk menjaring setiap informasi yang akan diterima oleh pemuda. Agar mereka tidak terjerumus kedalam arus yang salah.

Sekarang ini pemuda sangat mudah terjerumus oleh pergaulan yang salah, karena globalisasi memudahkan mereka untuk mengakses perubahan yang ada didunia tanpa batas. Searah dengan  perkembangan akses informasi yang sangat mudah diperoleh.

Sosialisasi adalan proses penganalan seseorang individu terhadap individu lain dan lingkungan sekitar. Dalam prosesnya, sosialisasi merupakan proses yang harus dilewati setiap individu dalam penyelarasan dengan lingkungan sekitar. Agar terjadi kehidupan yang damai dan harmoni.

Dalam hal sosialisasi pemuda sangatlah rentan. Karena mereka sangat mudah menerima hal baru. Oleh karena itu pemuda sangat mudah terbawa oleh hal- hal negative. Namun sosialisasi juga merupaka proses pemuda untuk berkembang dan mengenal dunia lebih luas lagi. Sehingga pemerintah, masyarakat dan keluarga harus mengawasi pergaulan para pemuda. Agar tidak berbelok kearah yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar