Sabtu, 12 November 2011

KRITIKAN ATAS PERMASALAHAN SOSIAL

Kesenjangan sosial adalah perbedaan yang memisahkan antara individu satu dengan yang lain. Perbedaan ini menjadi batas status seseorang dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Status sosial menjadi hal yang harus dipenuhi seorang individu jika ingin besosialisasi dengan individu yang lain yang memiliki tingkat sosial yang berbeda.

Kesenjangan sosial menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap Negara yang memiliki tingkat kehidupan dan social yang tinggi. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kesenjangan sosial. Diantaranya :
1.       Kemiskinan : hal ini menjadi permasalahan yang paling besar menyebabkan social sangat mudah terjadi. Karena  kesenjangan itu sendiri identic dengan materi / kekayaan yang dimiliki seseorang. Jadi semakin banyak orang miskin menyebabkan tingkat kesenjangan meningkat.
2.       Kurangnya lapangan pekerjaan : semakin sedikit lapangan pekerjaan semakin banyak pengangguran. Ini menyebabkan perekonomian menjadi rendah, sehingga kemiskinan semakin banyak. Sehingga kesenjangan social pun menjadi meningkat.

Saya melihat masalah kesenjangan sosial harus dihadapi dengan serius, karena kesenjangan sosial menjadi penyekat di masyarakat. Sehingga terjadi kecemburuan sosial dalam pergaulan,dan menjadi pembatas diantara masyarakat tersebut.

Jika hal ini tidak diperhatikan secara serius, akan terjadi kekacauan dimasyarakat. Karena kalangan bawah merasa tidak mendapatkan fasilitas yang sama dengan kalangan tingkat atas. Sehingga perkembangan individu diantara kalangan atas dan bawah terjadi perbedaan. Sehingga kualitas individu baru mengalami degradasi yang mendasar. Karena tingkat kebutuhan yang berbeda pula.

Kita sebagai individu sosial, harus peka terhadap lingkungan sekitar . karena pada dasarnya kita makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, dan memerlukan orang lain dalam menjalani kehidupan ini.

1 komentar:

  1. semua itu terjadi karena stratifikasi sosial,
    rendahnya pendidikan mengakibatkan kebodohan-->kemiskinan-->Kelemahan secara ekonomi
    faktor utama kesenjangan sosial adalah pendidikan yang tidak merata.

    BalasHapus